1.
Jelaskan
pengertian Pelabuhan Internasional, Pelabuhan Transisto, dan Kota Pantai.
2.
Terangkan
mengapa Mesir Kuno merupakan salah satu pioner penjelajahan samudra, berikan
pula tokohnya.
3.
Teranangkan
Ekspedisi / Rute Perjalanan yang dilakukan oleh I’ Tsing dan tujuannya.
4.
Jelaskan
pengertian Sillk Road pada masa awal dan berikan pula rute yang dilaluinya.
5.
Terangkan
mengapa Kemarintiman Indonesia mengalami kemunduran pada masa berakhirnya
kerajaan-kerajaan islam di Nusantara
6.
Terangkan
bahwa Indonesia sebagai sebagai Kota Bahari sejak Sriwijaya dan bagaimana arti
strategis yang menjadi konsekuensinya
7.
Jelaskan
arti penting selat malaka bagi pelayaran Internasional abad ke 15, berikut juga
dampak kejatuhan malaka ditangan portugis awal abad 16 bagi pelayaran
Nusantara.
JAWABAN
1.
Pelabuhan
Internasional adalah :
Pelabuhan utama
sekunder yang berfungsi melayani kegiatan dan alih muatan angkutan laut
nasional dan internasional dalam jumlah besar dan jankauan pelayanan yang luas
serta merupakan simpul dalam jaringan transportasi laut internasional.
Pelabuhan
transito adalah :
Pelabuhan tempat barang perdagangan dikumpulkan dari
daerah sekelilingnya untuk kemudian diekspor atau diperdagangkan bersama-sama
ketempat-tempat yang membutuhkan barang-barang tersebut.
Kota
Pantai adalah :
Kota tepi
laut dimana permukiman penduduknya
berkembang karena adanya potensi ekonomi yang memberi peluang pemanfaatan
sumber daya kelautan (perikanan). Yang tadinya adalah TPI berkembang karena
adanya jasa – jasa industri pengolahan kemudian menjadi kota pelabuhan. Kota
pantai muncul karena adanya fasilitas perhubungan dan strategi pertahanan.
Ruang pantai dan laut serta ruang dataran secara keseluruhan merupakan aset dan
lansekap kota pantai yang sangat menarik, sehingga perlu direncanakan penataan
ruangnya secara terintegrasi.
Kota pantai sebagai salah satu bentuk
kota tepi air pada dasarnya berakar pada faktor-faktor geografi dan sejarah nusantara
yang selama berabad-abad telah menjadi bagian dari jalur perdagangan
internasional. Pada perkembangan selanjutnya kawasan ini menjadi tempat yang
menarik untuk pemukiman
Gejala tersebut dapat terjadi karena
berbagai alasan, antara lain :
-
Merupakan kawasan alternatif permukiman Kota Bagi Kaum Urbanis miskin.
-
Merupakan peluang bagi kemudahan transportasi.
-
Menjadi pintu gerbang alami untuk perdagangan antar tempat yang terpisah
oleh laut.
2.
Alasan Mesir kuno pionir dalam pelayaran.
Bangsa mesir
melakukan pelayaran pertama dengan menggunakan perhu yang panjang yang sering
disebut sebagai dugout dimana dugout ini memiliki pengertian sebagai batang
kayu sederhana yang dilubangi bagian dalamnya, namum menurut para ahli dalam
kapal ini ditambahi penyeimbang diantara kedua sisinya.
Bangsa mesir
melakukan pelayaran pada 2000 sebelum masehi dengan kapal yang panjangnya
mencapai 30 meter memakai kayu dan disambung menjadi satu, untuk dapat
menyambungnya mereka menggunakan semacam rumput yang sangat kuat.
Yang menyebabkan
bangsa mesir sebagai pionir dalam pelayaran adalah dikarenakan keadaan mesir
pada saat itu berbeda dengan sekarang dimana dulu keaadan disana sangat subur
banyak pepohonan dan hewan-hewan seperti, unggas dan lain-lain. Sehingga
mempengaruhi dalam hasil karyanya yang bermotif hewan dan lain-lain
Akibat melimpahnya
barang seperti keramik, damar, dupo, gading gajah dan lain-lain. Sehingga mereka
mencari jalan perdagangan yang boleh menghubungkan Laut Merah dengan Delta Nil.
daerah penjualan baru itu
adalah di daerah “Pulau Dewata” yang dikenal dalam hikayat
mereka bernama “Punt”. Pusat niaga di Punt, diperkirakan berada di Ethiopia
atau di Yaman, berjarak 1600 km dari gua-gua tersebut. Bagaimana orang-orang
Mesir kuno berlayar ke tempat ini, seperti yang ada dalam tulisan Mesir kuno
pada kotak-kotak kargo yang ditemukan dalam gua-gua
Tokoh Pelayaran Mesir adalah :
Ekspedisi Ratu Hatshepsut (ratu ini memerintah antara
tahun 1501 SM – 1479 SM).
pada tahun 1492 SM Ratu Hatshepsut ke ‘Tanah Punt’
yang dipercayai terletak di kawasan Somalia moden. Ekspedisi ini bermatlamatkan
perdagangan. Catatan mengisahkan tentang banyak barang dagangan seperti dupa,
eboni, gading, emas, perak dan monyet hidup dibawa balik oleh kapal-kapal
ekspedisi. Ekspedisi itu mungkin telah menggunakan jalan darat dari Thebes
untuk menaiki kapal-kapal di Laut Mereah. Kapal-kapal itu kemudian belayar
kira-kira 2000 km dari Laut Merah ke Punt
3. Ekspedisi
/ Rute perjalanan yang di lakukan I- Tsing dan tujuannya adalah :
( Gambar perjalanan I-Tsing )
I-Tsing (635-713) adalah salah satu dari tiga
penjelajah yang terkenal dari Cina, I-Tsing berangan-angan untuk berziarah ke
India, dan keinginannya terwujud ketika beliau berusia 37 tahun.
Perjalanan I-Tsing ke Indonesia
Saat berumur 37 tahun, I-Tsing berlayar dari Cina (tahun 671) dan mendarat
di Fo-Shih. Beliau tinggal selama 6 bulan untuk belajar sabdavidya (tata bahasa Sanskerta), kemudian pergi ke Mo-lo-yeu,
yang disebut Shih-li-Fo-Shih dan tinggal di sana selama dua bulan. Kemudian
pada awal tahun 672, melalui Ka-cha (Kedah), I-Tsing berangkat ke India, dan
tinggal di Nalanda selama 10 tahun.
I-Tsing kemudian kembali ke Mo-lo-yeu pada tahun 685/awal 686, yang menurut
catatan beliau ‘sekarang sudah menjadi
bagian dari Fo-Shih; banyak daerah di bawah pemerintahan Fo-Shih.’
Catatan I-Tsing ini cocok dengan isi prasasti Kedukan Bukit (683) yang
mengatakan bahwa Sri Dapunta Hyang mengadakan pawai kemenangan (jayasiddhayatra) atas ditaklukkannya
kerajaan Melayu oleh Sriwijaya.
I-Tsing kemudian tinggal di Sriwijaya selama empat tahun. Tahun 689,
I-Tsing mengunjungi Cina selama 3 bulan dan kemudian kembali lagi ke Fo-Shih
dan tinggal selama 6 tahun, dan akhirnya kembali ke Cina pada tahun 695.
Jadi tujuan I-Tsing ingin pergi ke
India untuk mendengarkan ajaran-ajaran dan mempelajari kitab-kitab ajaran
(asli), sebaiknya ia tinggal di sini (Sriwijaya) selama satu atau dua tahun
untuk mempersiapkan dan melatih diri tentang cara-cara/aturan-aturan yang benar
sebelum menuju India).
4.
pengertian
Sillk Road dan rute yang dilaluinya adalah sebagai berikut :
( Gambar silk road )
Jalur Sutra adalah nama yang diberikan seorang
Jerman bernama von Richthofen pada Abad-18M, untuk jalur darat yang
menghubungkan Cina dengan Eropa. Sekalipun baru dibuka resmi pada Abad-3SM, di
masa Dinasti Han yang mulai mengirim utusan ke berbagai negara Asia Selatan dan
Timur Tengah, namun Jalur Sutra sudah ada jauh sebelumnya. Jalur Sutra terdiri
dari banyak jalur yang bercabang-cabang, dan digunakan untuk perdagangan berbagai
komoditi selain sutra seperti gading, tanaman, emas. Secara garis besar
terdapat tiga jalur, di utara, tengah dan selatan.
Jalur Utara menghubungkan Cina dengan Eropa hingga
Laut Mati, melalui Urumqi dan Lembah Fergana. Jalur Tengah menghubungkan Cina
dengan Eropa hingga tepian Laut Meditrrannia, melalui Dun-huang, Kocha,
Kashgar, menuju Persia. Jalur Selatan menghubungkan Cina dengan Afghanistan,
Iran dan India, melalui Dun-huang dan Khotan menuju Bachtra dan Kashmir. Di
Cina, Jalur Sutra berujung di Changan atau Xian, ibukota kerajaan, ke arah
barat melewati koridor Gansu, menuju Dun-huang di sisi Gurun Taklimakan. Jalur
utara mulai dari Dun-huang dan Yu-men Guan, menyeberangi Gurun Gobi menuju Hami
(Kumul), lalu menyisir kaki Tian-shan di bagian utara Taklimakan. Setelah oasis
Turfan, menuju Urumqi dan Lembah Fergana untuk masuk Eropa hingga Laut Mati.
Jalur ini bercabang di Turfan, ke oasis Kucha, menuju Kashgar di kaki Pamirs.
Jalur selatan mulai Dun-huang, melewati Yang Guan,
menyusuri sisi selatan Taklimakan, melalui Miran, Hetian (Khotan) dan Shache
(Yarkand), menuju utara lalu menuju Kashgar. Masih ada beberapa cabang jalur,
salah satunya bercabang dari jalur selatan menuju sisi timur Gurun Taklimakan
ke kota Loulan, lalu bergabung dengan jalur utara di Korla. Dari Kashgar yang
simpang lalulintas Asia, ada jalur menyeberangi Pamirs menuju Samarkand dan
menuju selatan ke Laut Kaspia; atau jalur ke selatan melewati Karakorum menuju
India; dan sebuah jalur lain menuju Kuqa, menyeberangi Tian-shan, menuju Laut
Kaspia melalui Tashkent
6.
Indonesia
sebagai sebagai Kota Bahari sejak Sriwijaya dan bagaimana arti strategis yang
menjadi konsekuensinya adalah :
Kita tahu bahwa
kerajaan Sriwijaya mempunyai lokasi yang strategis dimana berdekatan dengan pelabuhan
Malaka sehingga dapat menjadi wilayah perdagangan Internasional namun funsinya
hanya sebagai entrepot ( tempat
singgah kapal untuk melakukan penimbangan komoditas niaga ).
Kerajaan Sriwijaya
tidak menghasilkan produk pertanian yang memiliki nilai jual tinggi di pasar
perdagangan Internasional. Hal ini dikarenakan Sriwijaya tidak memiliki
pedalaman yang mampu untuk ditanami dan menghasilkan pertanian, untuk memenuhi
kebutuhan makan sendiri pun masin menggantungkan diri pada daerah lain seperti
jawa.
Dengan damikian
meskipun Kerajaan Sriwijaya telah menjalankan politik layaknya sebuah negara
bahari termasuk telah memperkuat armada lautnya, terbukti kemudian rapuhnya
kehidupan ekonominya dan lemah serta tidak bertahan lama sistem perpolitikanya.
Kejayaan armada laut sriwijaya ditandai dalam merekrut suku orang laut yang
piyawai dalam teknologi pembuatan kapal dan strategi ilmu perang laut.
Suku orang laut
mendiami daerah muara-muara sungai dan hutan-hutan bakau di pantai timur
sumatra, kepulauan riau, dan pantai barat semenanjung sampai ke muangthai
selatan cara hidupnya yang khas dalam rumah-rumah yang ada diatas perahu. Telah
menyebabkan mereka dijuluki sebagai orang laut.
Jadi kita dapat
menyimpulkan konsekuensi sebagai negara marintim yang di lalui sebagai jalur
perdagangan Internasional adalah akan banyak kapal-kapal pedagang yang
berdagang ataupun hanya transit di nusantara selain itu sebagai negara marintm
tentunya daerah kekuasaanya lebih banya perairan jadi untuk menjamin keamanan
para pedagang yang melakukan dagang di Nusantara / Sriwijaya harus memperkuat
armada lautnya agar tercapai keamanan dan tidak ada perampokan yang terjadi di
laut.
Selain itu sebagai
kerajaan marintim juga sriwijaya harus memiliki relasi yang banyak dengan
kerajaan-kerajaan lain guna tetap mengeksiskan keberadaan sriwijaya dan
menjalin hubungan baik. Karena neganya adalah jalur perdagangan internasional.
ada beberapa nomer yang ga ada jawabannya :'(
BalasHapus