Kamis, 17 Januari 2013

Tema Skripsi


1.     PERSEPSI GURU, SISWA DAN ORANG TUA SISWA TERHADAP PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA N 1 ULUJAMI.


Latar Belakang
Kurikulum tingkat satuan pendidikan memiliki arti sebuah kurikulum operasional kurikulum pendidikan yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidkan di indonesia. Jadi seorang guru dan sekolah diberi peluang untuk mengembangkan materi pembelajaran yang sesuai dengan kepentingan, dan karakteristik budaya sosial setempat di mana permasalahan sosial kontemporer yang sedang dihadapi oleh para peserta didik dapat dijadikan sebagai pengembangan materi dalam dokumen kurikulum (Peraturan Mentri Diknas No. 22, 23 dan 26 Tahun 2006), ini merupakan pengertian dari KTSP di mana guru telah banyak mengetahuinya.
Namun bagi para siswa kurikulum KTSP masih membingungkan mereka karena mereka hanya mengetahui KTSP adalah kurikulum tingkat satuan pendidikan saja tanpa mereka mengetahui tentang bagaimana penerapan KTSP pada pembelajaran sejarah, selain itu masih juga ada yang mengartikan KTSP sama dengan KBK ( Kurikulum Berbasis Kompetensi), padahal KTSP pada pelajaran sejarah berusaha mengangkat karakteristik pada budaya sosial setempat selain itu juga akan menampilkan peranan orang biasa termasuk para siswa dengan permasalahan sosialnya sebagai pelaku sejarah sekarng ini dan terjadi juga perubahan yang tadinya berpusat pada sejarah dunia atau sejarah nasional kepada sejarah lokal yang relevan dengan persoalan daerah setempat.
Akan tetapi apakah orang tua daripada para murid-murid ini tahu akan  penerapan KTSP pada pembelajaran sejarah yang di lakukan pada instasi pendidikan yang ada ini, sebagian dari pada mereka banyak yang tidak tahu bagaimana dengan penerapannya, walaupun tidak dapat didipungkiri ada pula yang mengetahuinya namun prosentasenya masih sangat sedikit sekali.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar